12 Makanan Khas Indonesia yang Sering Disajikan di Berbagai Festival Internasional

Makanan Khas Indonesia

Temukan kelezatan makanan khas Indonesia yang sering disajikan di berbagai festival internasional, mengundang selera dan memikat hati pecinta kuliner dari seluruh dunia.

Indonesia, negara kepulauan yang kaya akan budaya, juga terkenal dengan kekayaan kulinernya yang luar biasa. Dari Sabang sampai Merauke, setiap daerah memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri.

Di antara banyaknya ragam kuliner, beberapa makanan Indonesia telah berhasil menarik perhatian dunia. Keunikan bahan, teknik memasak yang khas, dan perpaduan bumbu yang kaya menjadikan makanan Indonesia tidak hanya memanjakan lidah masyarakat lokal, tetapi juga para pecinta kuliner internasional.

Mari kita eksplorasi 13 makanan Indonesia yang telah mendunia dan mencuri perhatian para penikmat kuliner di berbagai belahan dunia.

Kuliner Indonesia yang Mendunia

Kuliner Indonesia yang Mendunia
Foto: Envato Elements/Johnstocker

Indonesia, yang dikenal dengan kekayaan budayanya, juga menawarkan aneka ragam makanan yang telah mendunia berkat cita rasa yang autentik dan unik.

Banyak dari makanan khas Indonesia ini sering disajikan di berbagai festival internasional dan selalu mendapat respons positif dari pengunjung dari berbagai negara. Berikut adalah beberapa makanan Indonesia yang telah mendunia bersama daerah asalnya yang membanggakan.

1. Rendang Jengkol

Rendang, salah satu hidangan Indonesia yang paling terkenal di kancah internasional, berasal dari Sumatera Barat. Tidak hanya rendang daging sapi yang tradisional, tetapi juga variannya seperti rendang jengkol yang tak kalah populer.

Meskipun jengkol terkadang dianggap sebagai bahan makanan yang kontroversial karena aromanya, rendang jengkol telah berhasil memikat banyak pecinta kuliner global.

Anda mungkin perlu mencobanya untuk merasakan kombinasi unik dari bumbu rendang yang kaya dan tekstur jengkol yang unik.

2. Rendang Daging

Lezatnya rendang daging membuat hidangan ini tidak hanya terkenal di Indonesia tetapi juga mendunia. Pada tahun 2011, rendang daging berhasil menempati posisi teratas dalam daftar 50 makanan terenak dunia versi CNN Internasional.

Rendang adalah hasil olahan daging yang dimasak perlahan dengan bumbu dan rempah-rempah khas Indonesia. Proses memasak yang lama menggunakan santan kelapa memberikan tekstur daging yang empuk dan rasa yang kaya.

Bahkan, kelezatan rendang telah menarik perhatian Gordon Ramsay, seorang koki terkemuka dunia, yang datang ke Sumatera Barat untuk belajar membuat rendang autentik.

3. Sate

Sate, hidangan yang terdiri dari potongan daging yang ditusuk dan dibakar, merupakan salah satu makanan Indonesia yang juga mendunia.

Terdapat banyak variasi sate di Indonesia, seperti sate Madura dengan bumbu kacangnya yang khas, sate Padang dengan kuah kentalnya, sate Maranggi yang marinasi rempahnya meresap sempurna, dan sate lilit khas Bali dengan tekstur ikannya yang lembut.

Kelezatan sate tidak hanya terkenal di dalam negeri tetapi juga telah memikat banyak pengunjung internasional, seperti yang terlihat di Satay Junction di New York, Amerika Serikat.

Keunikan bumbu dan cara penyajiannya menjadikan sate sebagai favorit tidak hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai penjuru dunia.

Baca Juga:  7 Kuliner Khas Maluku yang Paling Populer & Wajib Dicicipi

4. Pempek

Pempek, makanan khas dari Sumatera Selatan, telah lama dikenal sebagai salah satu ikon kuliner Indonesia karena kelezatannya yang unik.

Makanan ini dibuat dari adonan ikan yang dicampur dengan tepung sagu, menciptakan tekstur yang kenyal dan rasa yang khas. Umumnya, pempek disajikan dengan kuah cuko, sejenis cuka yang pedas manis yang menambah kekayaan rasa pada hidangan ini.

Menurut Kemendikbud, ada beberapa jenis pempek yang populer di kalangan pecinta kuliner, antara lain Pempek Lenjer, Keriting, Tahu, Kapal Selam, Pistel, dan Pempek Telor. Setiap jenis memiliki ciri khas tersendiri, baik dari segi bentuk maupun isi.

Pempek Kapal Selam misalnya, terkenal dengan isi telur yang gurih di tengahnya, sedangkan Pempek Pistel diisi dengan campuran pepaya muda yang manis dan pedas.

Ikan belida, yang merupakan bahan dasar tradisional dalam pembuatan pempek, semakin langka dan mendorong para pengrajin pempek untuk menggunakan jenis ikan lain yang tidak kalah lezat.

Proses pembuatan pempek dimulai dengan membersihkan ikan, membuang kepala dan tulangnya, kemudian ikan tersebut digiling hingga halus dan dicampur dengan tepung untuk diolah menjadi adonan yang kemudian bisa dibentuk dan direbus.

5. Gado-Gado

Gado-gado adalah contoh lain dari kekayaan kuliner Indonesia yang telah mendunia. Makanan ini terdiri dari aneka sayuran rebus, potongan telur rebus, taburan bawang goreng, dan dilumuri dengan saus kacang yang gurih.

Disebut juga sebagai versi salad ala Indonesia, gado-gado tidak hanya lezat tapi juga sehat dan cocok untuk dijadikan pilihan makanan bagi yang sedang menjalankan diet.

Keunikan gado-gado tidak hanya terletak pada rasanya yang menggugah selera, tetapi juga pada nilai estetikanya yang telah diakui secara internasional.

Pada tahun 2010, gado-gado berhasil meraih juara pertama dalam kategori tampilan sajian estetika di sebuah perlombaan memasak internasional yang berlangsung di Napoli, Italia.

Keberhasilan ini semakin menegaskan posisi gado-gado sebagai salah satu hidangan Indonesia yang mampu bersaing di kancah internasional.

6. Seruit

Seruit, makanan tradisional dari Lampung, mencerminkan nilai kebersamaan yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Nama ‘seruit’ sendiri berasal dari kata ‘nyeruit’, yang dalam bahasa setempat berarti melakukan sesuatu bersama-sama.

Seruit biasanya terdiri dari ikan bakar yang disajikan dengan sambal yang bisa berupa terasi, tempoyak (fermentasi durian), atau sambal mangga. Ikan yang digunakan dalam seruit biasanya adalah jenis ikan lokal seperti balide, baung, dan layis.

Ditambah dengan bumbu pelengkap seperti bawang putih, garam, kunyit, dan jahe, seruit menjadi hidangan yang sangat kaya rasa. Biasanya, seruit disantap bersama nasi hangat dan lalapan segar, menciptakan kombinasi yang sempurna antara rasa dan nutrisi.

7. Soto

Soto
Foto: Unsplash/Rafly Alfaridzy

Soto merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang memiliki beragam variasi di setiap wilayah. Mulai dari Soto Betawi dengan kuahnya yang kaya santan, Coto Makassar yang gurih, hingga Soto Ayam yang segar, setiap jenis soto menawarkan pengalaman rasa yang unik.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Lombok yang Terkenal Enak & Menggugah Selera

Makanan ini terbuat dari kuah kaldu yang kaya rempah dan diisi dengan berbagai bahan seperti daging ayam, sapi, atau jeroan, ditambah dengan sayuran segar. Keunikan soto sebagai kuliner Indonesia juga telah mendapat pengakuan internasional.

Di Jepang, khususnya di Ibaraki, soto menjadi populer melalui festival-festival makanan. Masyarakat Jepang, yang biasanya mengenal Samgyetang sebagai sup ayam andalan mereka, tertarik dengan kompleksitas rasa dan kehangatan yang ditawarkan oleh soto.

Dengan empat musim yang mereka alami, soto menjadi makanan yang sangat cocok untuk menghangatkan tubuh, terutama saat musim dingin.

8. Sate Buntel

Di kota Solo, sate buntel menjadi salah satu hidangan yang wajib dicoba. Makanan ini terbuat dari daging kambing yang dicacah, kemudian dibungkus dengan lemak tipis, dan dibakar hingga harum.

Sate ini umumnya disajikan dengan irisan bawang merah, daun kol, serta tambahan jeruk nipis dan cabai rawit yang menambah kesegaran dan kepedasan.

Kegurihan dan kepedasan sate buntel telah menarik banyak wisatawan dan menjadi oleh-oleh khas dari Solo. Rahasia dari kelezatan sate buntel terletak pada penggunaan daging kambing muda yang tidak hanya empuk tapi juga minim aroma prengus.

9. Gudeg

Gudeg, makanan khas Yogyakarta, dikenal dengan rasa manisnya yang khas dan telah memikat banyak penikmat kuliner internasional.

Makanan ini terbuat dari nangka muda yang diparut dan direbus bersama gula aren dan santan, ditambah dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, lengkuas, daun salam, dan daun jati, yang memberikan warna kemerahan pada hidangan.

Gudeg disajikan terbaik ketika dimasak dalam panci tanah liat di atas tungku, mempertahankan keaslian rasa dan tekstur.

Tidak hanya populer di Indonesia, gudeg juga telah menjangkau pasar internasional, dengan beberapa restoran di luar negeri seperti di Australia menyajikan gudeg dalam menu mereka.

10. Kerupuk Basah

Berbeda dari kerupuk pada umumnya yang kering dan renyah, kerupuk basah khas Kalimantan Barat menawarkan tekstur yang unik dan lembut. Makanan ini terbuat dari sagu dan ikan belida yang dicampur dengan bumbu, kemudian dikukus hingga matang.

Biasanya disajikan dengan saus kacang yang gurih, kerupuk basah memiliki bentuk lonjong yang mirip sosis namun lebih besar dan panjang.

Meskipun mungkin tampak mirip dengan otak-otak atau pempek, kerupuk basah memiliki cita rasa yang khas dan menjadi favorit lokal serta bagi para pengunjung yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

11. Tempe

Tempe, makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai ini, telah lama dikenal sebagai salah satu sumber protein nabati terbaik dan menjadi andalan bagi mereka yang menjalani gaya hidup vegetarian.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Pekanbaru yang Terkenal Paling Enak & Populer

Di Indonesia, tempe merupakan bagian dari sehari-hari masyarakat, namun popularitasnya juga telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Di luar negeri, tempe sering disebut dengan nama ‘tempeh’ dan dikategorikan sebagai superfood karena kandungan gizinya yang tinggi.

Tidak hanya di Indonesia, tempe juga digemari di Jepang dan bahkan Amerika Serikat, dimana masyarakatnya mulai mengadopsi tempe sebagai bagian dari menu sehat mereka.

Kandungan protein, serat, dan bakteri baik dalam tempe terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama dalam menjaga keseimbangan saluran pencernaan.

Keunggulan tempe tidak hanya pada nilai gizinya, tetapi juga pada kemudahannya untuk diolah menjadi berbagai jenis masakan, dari digoreng menjadi tempe goreng, hingga dijadikan bahan campuran dalam berbagai resep masakan internasional.

12. Kerak Telor

Di Jakarta, kerak telor adalah satu diantara kuliner khas yang selalu berhasil menarik perhatian. Makanan ini dikenal sebagai omelete khas Betawi dan sangat digemari tidak hanya oleh warga lokal, tapi juga oleh para turis yang mengunjungi kota.

Kerak telor dibuat dari beras ketan yang dicampur dengan telur, serundeng, bawang goreng, dan kadang-kadang saus kacang untuk menambah kegurihan rasa.

Proses memasaknya yang unik, dengan menggunakan wajan khusus dan arang, membuat kerak telor tidak hanya lezat tetapi juga menarik untuk dilihat saat dibuat.

13. Bakso

Bakso, makanan berkuah yang terbuat dari bola daging sapi ini, merupakan salah satu hidangan Indonesia yang telah berhasil mencuri perhatian internasional.

Hampir di setiap sudut kota di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, mudah ditemukan penjual bakso, baik itu yang berkeliling menggunakan gerobak maupun yang sudah memiliki tempat tetap.

Bakso biasanya disajikan dalam kuah kaldu yang gurih, lengkap dengan mi, sayur, dan kadang dengan tambahan tofu atau siomay.

Selain itu, bakso juga memiliki penggemar khusus yaitu mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, yang pernah mencicipinya saat kunjungan ke Indonesia.

Kelezatan bakso tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga telah menjadi salah satu ikon kuliner Indonesia yang diakui di banyak negara.

Apakah Anda juga termasuk salah satu penggemar berat bakso? Karena tentu saja, bakso sudah menjadi bagian dari kuliner nasional yang dicintai banyak kalangan.

Melalui 13 makanan yang mendunia ini, Indonesia telah membuktikan bahwa kuliner nusantara mampu bersaing di kancah internasional. Setiap hidangan tidak hanya menyajikan kelezatan, tetapi juga cerita dan budaya yang melekat di dalamnya.

Keberhasilan makanan-makanan ini di panggung dunia bukan hanya kebanggaan bagi Indonesia, tetapi juga inspirasi bagi generasi muda untuk terus melestarikan dan mengembangkan kekayaan kuliner tanah air.

Mari kita terus dukung dan perkenalkan kuliner Indonesia ke seluruh penjuru dunia, agar lebih banyak orang bisa menikmati cita rasa yang tiada duanya ini.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags