10 Makanan Khas Pekanbaru yang Terkenal Paling Enak & Populer

Makanan Khas Pekanbaru

Jelajahi kenikmatan aneka makanan khas Pekanbaru yang terkenal paling enak dan populer, menghadirkan cita rasa autentik yang menggugah selera.

Pekanbaru, ibu kota Provinsi Riau, tidak hanya dikenal dengan kekayaan budaya dan sejarahnya, tetapi juga dengan kekayaan kuliner yang menggugah selera.

Kota ini menyimpan beragam makanan khas yang memiliki cita rasa unik dan lezat, yang mampu memanjakan lidah siapa saja yang mencicipinya.

Dari hidangan berbahan dasar ikan hingga makanan penutup manis, Pekanbaru menawarkan berbagai pilihan kuliner yang siap untuk dinikmati. Berikut adalah 10 makanan khas Pekanbaru yang terkenal paling enak dan wajib dicoba.

Keunikan Kuliner Khas Pekanbaru

Keunikan Kuliner Berat Khas Pekanbaru
Foto: X/Kim Dianjoon

Pekanbaru, sebuah kota yang kaya akan budaya dan kuliner, menawarkan berbagai makanan khas yang unik dan mengenyangkan. Bagi Anda yang penasaran dengan cita rasa autentik dari Pekanbaru, berikut ini adalah beberapa makanan khas yang wajib dicoba.

1. Gulai Ikan Patin

Salah satu hidangan paling terkenal dari Pekanbaru adalah gulai ikan patin. Hidangan ini menampilkan ikan patin yang dimasak dalam kuah gulai berwarna kekuningan yang kaya akan rempah.

Rasanya yang asam, manis, dan pedas berpadu sempurna, menciptakan sensasi rasa yang memanjakan lidah saat pertama kali mencicipinya.

Gulai ikan patin biasanya disajikan hangat dengan nasi, dilengkapi dengan daun singkong rebus dan lalapan bunga kecombrang, memberikan kombinasi rasa dan tekstur yang harmonis.

2. Cencaluk

Cencaluk mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, namun bagi masyarakat Pekanbaru, ini adalah salah satu kuliner yang sangat identik dengan kota ini. Cencaluk terbuat dari udang yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu rempah, lalu difermentasi selama sekitar 30 hari.

Baca Juga:  7 Kuliner Khas Maluku yang Paling Populer & Wajib Dicicipi

Proses fermentasi ini memberikan rasa dan aroma yang khas dan berbeda, menjadikannya pelengkap yang sempurna untuk nasi hangat dan lauk pauk lainnya.

Cencaluk menawarkan pengalaman rasa yang unik dan wajib dicoba bagi siapa saja yang berkunjung ke Pekanbaru.

3. Mie Sagu

Mie sagu adalah varian mie yang dibuat dari bahan dasar sagu, yang merupakan sumber karbohidrat utama di beberapa bagian Indonesia, terutama di Pekanbaru. Mie ini bisa disajikan dalam dua versi: direbus atau digoreng.

Saat dimasak, mie sagu akan dicampur dengan aneka sayuran segar, irisan daging, dan ikan. Ikan teri seringkali menjadi pilihan untuk dicampur dalam mie sagu karena menambah cita rasa gurih yang khas.

Mie sagu tidak hanya lezat tapi juga mengenyangkan, menjadikannya pilihan tepat untuk makan siang atau makan malam yang berat.

4. Gulai Belacan

Salah satu hidangan yang memperkaya khazanah kuliner Indonesia adalah Gulai Belacan. Berbeda dari gulai pada umumnya yang cenderung berwarna kuning, gulai belacan ini memiliki warna yang agak kemerahan.

Perbedaan ini berasal dari penggunaan cabai yang memberikan warna merah dan rasa pedas pada masakan. Gulai belacan dibuat dari udang berukuran besar yang dimasak dengan aneka rempah-rempah.

Rempah yang digunakan dalam gulai ini tidak hanya mengeluarkan aroma yang menggugah selera, tetapi juga memberikan kedalaman rasa yang kaya pada hidangan.

5. Miso Pekanbaru

Miso Pekanbaru, meskipun namanya mirip dengan makanan Jepang, adalah sebuah varian kuliner yang unik dari Indonesia.

Berbeda dengan miso Jepang yang merupakan pasta kedelai fermentasi, Miso Pekanbaru adalah olahan mie kuning yang dimasak dalam kuah kaldu yang kaya akan rempah. Rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, dan kapulaga menambah kekayaan rasa pada hidangan ini.

Baca Juga:  12 Makanan Khas Indonesia yang Sering Disajikan di Berbagai Festival Internasional

Biasanya, Miso disajikan dengan tambahan tauge, tahu goreng, dan suwiran daging ayam atau sapi, membuatnya menjadi makanan yang menyegarkan dan mengenyangkan.

6. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo
Foto: X/Adira Foi

Bolu Kemojo tidak hanya sekedar camilan, tetapi juga merupakan ikon kuliner Pekanbaru yang populer sebagai oleh-oleh. Kue ini memiliki warna hijau yang cerah dengan aroma pandan yang dominan, menarik perhatian siapa saja yang melihatnya.

Bentuknya yang unik, menyerupai bunga kamboja, memberikan sentuhan estetika yang membuatnya berbeda dari kue bolu pada umumnya.

Kehadiran bolu kemojo di berbagai acara dan sebagai bingkisan khas dari Pekanbaru menunjukkan betapa masyarakat setempat bangga dengan kuliner ini.

7. Kue Bangkit

Salah satu kue tradisional yang sering menjadi pilihan untuk oleh-oleh dari Pekanbaru adalah kue bangkit. Kue ini tidak hanya terkenal selama musim Lebaran tetapi juga disukai karena bentuknya yang menyerupai bunga, memberikan estetika yang cantik pada setiap sajian.

Kue bangkit memiliki tekstur yang unik, pada pandangan pertama mungkin terlihat keras, namun seketika meleleh di mulut ketika dikonsumsi.

Kue ini dibuat dari tepung sagu yang dicampur dengan gula dan beberapa bahan tambahan lain yang menjadikannya begitu lezat dan menggugah selera.

8. Lempok Durian

Di Pekanbaru, durian adalah buah yang sangat mudah ditemukan dan menjadi favorit lokal. Ketersediaan durian yang melimpah tersebut mendorong masyarakat setempat untuk berinovasi membuat olahan durian, salah satunya adalah lempok durian.

Mirip dengan dodol, lempok durian dibuat dari durian segar yang dicampur dengan gula merah. Campuran ini dimasak dalam waktu yang lama sehingga teksturnya mengental dan memungkinkan untuk dibentuk menjadi lempok yang kenyal dan penuh dengan aroma serta rasa durian yang khas.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Lombok yang Terkenal Enak & Menggugah Selera

9. Lopek Bugi

Lopek bugi, atau dikenal juga dengan nama lapek bugih, merupakan makanan khas Pekanbaru yang terbuat dari tepung ketan dan santan. Makanan ini dikukus dalam pembungkus daun pisang hingga matang sempurna.

Di dalamnya terdapat isian kelapa parut yang sudah dicampur dengan gula pasir, memberikan rasa manis gurih yang dominan. Teksturnya yang kenyal menjadikan lopek bugi sangat menarik untuk dicoba, menawarkan pengalaman rasa yang memanjakan lidah dan sulit untuk dilupakan.

10. Es Laksamana Mengamuk

Makanan khas Pekanbaru yang tidak kalah menarik adalah Es Laksamana Mengamuk. Es ini biasa dijual di gerobak-gerobak kaki lima di pinggir jalan, sangat cocok sebagai penyejuk di tengah terik matahari.

Es Laksamana Mengamuk terbuat dari buah kweni yang diserut kasar dan disajikan bersama dengan campuran santan dan gula merah cair.

Keunikan rasa buah kweni yang segar berpadu dengan manisnya gula merah dan lembutnya santan menciptakan kesegaran yang luar biasa, menjadikannya pilihan tepat untuk menyegarkan hari.

Menjelajahi kuliner khas Pekanbaru memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Setiap hidangan tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga membawa kita lebih dekat dengan budaya dan tradisi masyarakat setempat.

Dari aroma rempah yang khas hingga cita rasa yang menggugah selera, makanan-makanan ini mencerminkan kekayaan kuliner yang dimiliki Pekanbaru.

Jadi, jika Anda berkesempatan mengunjungi kota ini, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan 10 makanan khas Pekanbaru yang telah disebutkan. Selamat menikmati perjalanan kuliner Anda!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags