15 Contoh Bisnis Startup Paling Sukses di Indonesia yang Berskala Internasional

Tokopedia
Foto: Tokopedia/Facebook https://www.facebook.com/tokopedia

Temukan inspirasi dari beberapa contoh bisnis startup Indonesia yang berhasil meraih kesuksesan dan beroperasi di kancah internasional.

Indonesia, sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, telah menjadi lahan subur bagi perkembangan bisnis startup.

Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai startup di Indonesia telah berhasil meraih kesuksesan yang mengesankan, bahkan hingga ke kancah internasional.

Beberapa di antaranya mampu menarik perhatian investor global, mendapatkan pendanaan besar, dan meluaskan jangkauan operasional mereka ke berbagai negara.

Artikel ini akan membahas beberapa contoh bisnis startup paling sukses di Indonesia yang telah berhasil mengukir prestasi di tingkat internasional. Dari sektor teknologi finansial hingga e-commerce, mari kita telusuri perjalanan inspiratif mereka.

Contoh Bisnis Startup yang Paling Berkembang di Indonesia

Di Indonesia, terdapat berbagai contoh bisnis startup yang telah berkembang dengan pesat dan mencapai kesuksesan yang signifikan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Gojek

Gojek
Foto: Fikri Rasyid/Unsplash

Dimulai sebagai layanan ojek panggilan, Gojek telah berkembang menjadi aplikasi super yang memberikan solusi mobilitas yang efektif, terutama di kota-kota besar yang sering mengalami kemacetan.

Seiring waktu, Gojek menambahkan berbagai layanan lain, termasuk pemesanan makanan, e-wallet, dan layanan hiburan.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, Gojek tidak hanya meningkatkan efisiensi transportasi tetapi juga memperluas cakupannya ke dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari penggunanya.

2. Tokopedia

Tokopedia
Foto: Tokopedia/Facebook

Sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia memulai perjalanannya dengan membangun situs web e-commerce yang sederhana dan kemudian berkembang menjadi aplikasi mobile.

Di Tokopedia, pengguna dapat membeli berbagai macam produk, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga barang elektronik. Sebagai karya anak bangsa, Tokopedia telah membuktikan dirinya sebagai pemain utama dalam industri e-commerce Indonesia.

3. Ruang Guru

Ruang Guru
Foto: Ruangguru/Facebook

Ruang Guru menyediakan platform edukasi yang mencakup materi pelajaran mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Dengan konten yang terstruktur dan disajikan dalam bentuk video yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, Ruang Guru memudahkan siswa untuk mengakses pembelajaran berkualitas tinggi.

Platform ini menjadi solusi praktis bagi siswa yang ingin memperdalam pengetahuan di luar jam sekolah.

4. Halodoc

Halodoc
Foto: Halodoc/Facebook

Diluncurkan pada tahun 2016 oleh Jonathan Sudharta, Mohamad Fajrin Rasyid, dan Iman Usman, Halodoc merupakan platform telemedicine yang menyediakan berbagai layanan kesehatan, termasuk konsultasi dengan dokter, pemesanan obat, dan pengiriman obat ke rumah. Halodoc telah berkembang menjadi salah satu platform telemedicine terkemuka di Indonesia, membantu banyak orang untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih mudah dan cepat.

Baca Juga:  5 Strategi untuk Membantu Anda Meningkatkan Modal Secara Efektif

5. Akulaku

Akulaku
Foto: #PengenApaSemuaBisa/Instagram

Didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tahun 2014, Akulaku adalah startup di sektor keuangan yang menyediakan berbagai produk pinjaman.

Dari pinjaman konsumtif hingga produktif, Akulaku menawarkan solusi pembiayaan melalui layanan pinjaman online, kredit tanpa kartu kredit, dan pembayaran digital.

Dengan pertumbuhan yang cepat, Akulaku telah menjadi salah satu perusahaan pembiayaan digital terbesar di Indonesia, menunjukkan potensi besar dalam mengubah sektor keuangan digital.

6. Bukalapak

Bukalapak
Foto: Bukalapak/Instagram

Bukalapak adalah sebuah raksasa e-commerce Indonesia yang didirikan oleh Achmad Zaky, Fajrin Rasyid, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid pada tahun 2010.

Platform ini telah berkembang menjadi salah satu destinasi belanja online terkemuka di Indonesia, terutama terkenal dengan dukungannya terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Bukalapak memungkinkan para pelaku UMKM untuk menjangkau pelanggan lebih luas dengan menawarkan produk mereka secara online.

Platform ini menawarkan berbagai produk dengan harga yang kompetitif, sering kali disertai dengan berbagai promosi menarik, memudahkan siapa saja untuk membuka lapak dan berjualan.

7. Lemonilo

Lemonilo
Foto: Lemonilo/Instagram

Lemonilo, didirikan oleh Shinta Nurfauzia dan Ronald Wijaya pada tahun 2015, merupakan perusahaan yang berinovasi di industri makanan dan minuman dengan fokus pada produk-produk sehat.

Lemonilo terkenal dengan mi sehatnya yang menjadi pilihan populer bagi konsumen yang ingin menikmati makanan cepat saji namun tetap sehat. Perusahaan ini juga menyediakan berbagai pilihan produk sehat lainnya, yang semua terbuat dari bahan-bahan alami berkualitas tinggi.

Produk-produk Lemonilo dapat dibeli melalui aplikasi perusahaan atau ditemukan di minimarket terdekat, memudahkan konsumen untuk mengakses makanan sehat secara praktis.

8. Sayurbox

Sayurbox
Foto: Royalhealthfood/Facebook

Sayurbox, yang didirikan oleh Farhan Gani, Alamanda Shantika, dan Reza Kurniawan pada tahun 2017, adalah startup e-commerce yang fokus pada penyediaan produk-produk segar seperti sayuran, buah-buahan, dan daging.

Platform ini memungkinkan konsumen untuk memesan produk-produk segar langsung dari petani, yang tidak hanya mendukung petani lokal tapi juga menawarkan harga yang lebih rendah dibandingkan harga pasaran.

Baca Juga:  5 Strategi untuk Membantu Anda Meningkatkan Modal Secara Efektif

Dengan layanan antar yang cepat dan efisien, Sayurbox memudahkan pelanggan untuk menikmati produk-produk segar dengan kenyamanan berbelanja dari rumah.

9. Quipper

Quipper
Foto: Quipper Video/Facebook

Didirikan oleh Fernando Uffie, Bryan Ngo, dan Iman Usman pada tahun 2010, Quipper adalah perusahaan teknologi pendidikan yang telah menjadi salah satu penyedia layanan pendidikan online terkemuka di Indonesia.

Quipper menyediakan berbagai layanan termasuk bimbingan belajar online, ujian online, dan kursus online. Platform ini dirancang untuk menjangkau pelajar dari tingkat SD hingga SMA, dengan materi yang terstruktur dan video pembelajaran yang mudah dipahami.

Dengan aplikasi yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja, Quipper memudahkan siswa di seluruh Indonesia untuk mendapatkan pendidikan berkualitas tanpa batasan geografis.

10. Traveloka

Traveloka
Foto: Traveloka/Instagram

Traveloka adalah perusahaan teknologi yang terdepan dalam industri perjalanan di Indonesia, didirikan oleh Albert Zhang, Ferry Unardi, dan Derianto Kusuma pada tahun 2012.

Platform ini menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta api, serta berbagai kebutuhan perjalanan lainnya, baik domestik maupun internasional.

Bagi Anda yang gemar berwisata, Traveloka menawarkan kemudahan dalam merencanakan perjalanan dengan beragam pilihan akomodasi dan transportasi.

Aplikasi ini sangat praktis, memungkinkan pengguna untuk merencanakan perjalanan dengan mudah, mencakup segala aspek dari transportasi hingga akomodasi di berbagai lokasi wisata populer.

11. Bobobox

Bobobox
Foto: Bobobox Indonesia/X

Bobobox adalah inovasi dalam industri perhotelan di Indonesia, dikenal dengan konsep akomodasi modern berupa kabin atau pod yang efisien dan nyaman.

Didirikan oleh Indra Gunawan, Haryo Prasodjo, dan Michael Soegianto pada tahun 2018, Bobobox menargetkan kawula muda dengan menawarkan pengalaman menginap yang unik dan terjangkau.

Konsepnya yang inovatif dan harga yang kompetitif menjadikan Bobobox pilihan populer di kalangan pelancong yang mencari penginapan praktis dan estetis di pusat kota.

12. Hijup

Hijup
Foto: Hijup/Facebook

Hijup adalah platform e-commerce yang spesialisasi dalam fashion untuk muslimah, didirikan oleh Diajeng Lestari dan Irsalina pada tahun 2011.

Situs ini menawarkan berbagai macam pilihan pakaian muslimah dari berbagai brand, memberikan konsumen beragam opsi yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan standar kepatutan.

Dengan menekankan pada kualitas dan keragaman produk, Hijup telah tumbuh menjadi salah satu destinasi belanja online hijab terkemuka di Indonesia, mendukung perempuan muslim untuk tetap modis sambil menghormati nilai-nilai tradisional.

Baca Juga:  5 Strategi untuk Membantu Anda Meningkatkan Modal Secara Efektif

13. Alodokter

Alodokter
Foto: Aghiath Chbib/X

Alodokter adalah platform kesehatan yang menyediakan layanan konsultasi medis dengan dokter umum, dokter gigi, dan berbagai spesialis lainnya.

Didirikan pada tahun 2016 oleh Jonathan Sudharta, Mohamad Fajrin Rasyid, dan Iman Usman, Alodokter telah menjadi solusi utama bagi banyak orang Indonesia untuk mendapatkan akses ke saran medis dan layanan kesehatan secara online.

Melalui aplikasinya, pengguna dapat berkonsultasi dengan dokter, mendapatkan informasi kesehatan, dan bahkan memesan obat, semua dari kenyamanan rumah mereka, memudahkan masyarakat dalam menjaga kesehatan tanpa perlu mengunjungi fasilitas kesehatan fisik.

14. Blibli

Blibli
Foto: Blibli Store/Instagram

Blibli, sebuah perusahaan e-commerce yang telah berkembang menjadi salah satu platform jual beli online terbesar di Indonesia, didirikan oleh Kusumo Martanto, Hendry Susanto, dan Bambang Brodjonegoro pada tahun 2011.

Sebagai produk inovatif karya anak bangsa, Blibli menawarkan berbagai jenis produk mulai dari fashion, gadget, peralatan rumah tangga, makanan, hingga alat elektronik.

Melalui aplikasi Blibli, konsumen dapat dengan mudah menelusuri dan membeli berbagai barang yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat, menjadikan pengalaman berbelanja online yang lebih efisien dan menyenangkan.

15. Tiket.com

Tiketcom
Foto: Tiket.com/X

Tiket.com adalah salah satu platform perjalanan terkemuka di Indonesia yang memudahkan pengguna dalam merencanakan dan melaksanakan perjalanan, baik domestik maupun internasional.

Didirikan oleh Nurcahyo Anggoro Putro, Ninoy Kurniawan, dan Dimas Surya, Tiket.com menyediakan layanan pemesanan tiket kereta api, penerbangan, hotel, serta tiket masuk objek wisata.

Dengan antarmuka yang user-friendly pada aplikasi dan situs webnya, Tiket.com menawarkan solusi perencanaan perjalanan yang terintegrasi, memudahkan pengguna untuk mengatur segala aspek perjalanan mereka dari satu platform saja.

Keberhasilan startup-startup Indonesia dalam menembus pasar internasional tidak hanya menunjukkan potensi besar yang dimiliki oleh para pengusaha muda Indonesia, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional.

Dengan inovasi, ketekunan, dan semangat untuk terus berkembang, para pelaku startup ini telah membuktikan bahwa Indonesia mampu bersaing di panggung global.

Semoga kisah-kisah sukses mereka dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk terus berinovasi dan meraih mimpi mereka. Masa depan cerah menanti para pengusaha yang berani bermimpi dan bekerja keras untuk mewujudkannya.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags